Home > Tugas > CYBER ETHICS : Etika Menggunakan Internet

CYBER ETHICS : Etika Menggunakan Internet

Internet (Interconnecting Network) adalah suatu jaringan yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya yang ada di seluruh dunia tanpa ada batas akses. Dengan adanya internet ini kita dapat saling berkomunikasi secara langsung dengan pengguna komputer lainnya. Internet ini biasa digunakan untuk kemudahan akses informasi, transaksi, maupun relasi.

Internet sering dikaitkan dengan cyberspace atau dunia maya. Dunia maya itu sendiri diartikan sebagai suatu ekosistem bioeletronik di semua tempat yang memiliki kabel coaxial, fiber optic atau gelombang eletromagnetik. Karakteristik dunia maya menurut Dysson : 1994 antara lain, beroperasi secara virtual/maya, tidak mengenal batas-batas territorial, informasi di dalamnya bersifat umum, dan pelaku dunia maya dapat beraktivitas tanpa menunjukkan identitasnya.
Dalam dunia maya kita juga dihadapkan dengan aturan-aturan etika. Alasan diperlukannya etika dalam cyberspace antara lain karena pengguna internet berasal Negara yang berbeda-beda yang memiliki budaya berbeda-beda pula. Pengguna internet tidak harus memberikan identitas aslinya. Sudah mulai banyaknya fasilitas untuk mendorong pengguna internet bertindak diluar batas.

Salah satu contoh dalam etika berinternet disebut dengan istilah Netiket. Netiket memiliki beberapa konsep yaitu Netiket pada one to one communications dimana kondisi ini terjadi ketika seorang pengguna berkomunikasi dengan seorang pengguna (face-to-face) lainnya. Kemudian ada lagi Netiket pada one to many communications yang berarti seorang dapat berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus.

Pelanggaran dalam etika berinternet sering kali mendapat sanksi. Apabila sang pelaku melakukan kesalahan kecil biasanya hanya terkena sanksi social saja. Dan apabila terkena sanksi yuridis bisa saja dijebloskan ke penjara atau tidak boleh menggunakan komputer sampai batas yang ditentukan.

Written by : Allen Jr.

Sumber : http://selvia-etpro.blogspot.com/2008/12/pengertian-cyber-ethics.html

http://dosen.stiki.ac.id/arifin/Etika%20komputer/pdf/CYBER%20ETHICS%20ETIKA%20MENGGUNAKAN%20INTERNETx.pdf

Categories: Tugas Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: