Home > Tugas > Hubungan Perburuhan

Hubungan Perburuhan

Hubungan Perburuhan berdasarkan Pancasila adalah hubungan antara unsur – unsur perburuhan yaitu buruh, pengusaha dan pemerintah, yang didasarkan pada nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila. Dengan demikian, inti dari pola hubungan perburuhan Pancasila adalah bahwa setiap perselisihan perburuhan yang terjadi harus diupayakan diselesaikan melalui musyawarah untuk mufakat.

Untuk mencapai suatu tujuan, ada tiga asas yang digunakan yaitu pertama Asas Partner in Production, di sini buruh dan pengusaha mempunyai kepentingan yang sama untuk meningkatkan kesejahteraan buruh dan mampu meningkatkan hasil usaha/ produksi. Karena itu masing – masing pihak merupakan kawan dalam meningkatkan kesejahteraan buruh dan meningkatakan hasil produksi. Kedua, Asas Partner in Profit, yakni hasil yang dicapai perusahaan itu seharusnya bukan untuk dinikmati oleh pengusaha saja, tetapi harus dinikmati oleh buruh yang turut serta dalam mencapai hasil produksi tersebut. Asas ini dilaksanakan jika diperusahaan itu terjadi peningkatan kesejahteraan sosial para buruhnya sejalan dengan peningkatan hasil produksi. Ketiga, Asas Partner in Responsibility adalah buruh dan pengusaha memiliki tanggung jawab untuk bersama – sama meningkatakan hasil produksi.

Dalam menerapkan Hubungan Perburuhan tersebut, telah ditetapkan berbagai sarana antara lain Peraturan Perundang – undangan Perburuhan dimana hal ini mutlak diperlukan dan harus dapat mengakomodasi semua kepentingan pekerja maupun pengusaha, sehingga dengan demikian kepastian hukum dapat tercipta dan dapat mengurangi terjadinya perselisihan. Lalu Peradilan Perburuhan, melalui peradilan perburuhan ini, setiap perselisihan yang timbul dapat diselesaikan secara damai, sehingga kemungkinan untuk mogok / lock-out dapat dicegah sedini mungkin. Contoh lain Perjanjian Perburuhan, Lembaga Bipartite, dan masih banyak lagi.

Sumber : http://seoulmate.dagdigdug.com/hubungan-perburuhan-pancasila/

About these ads
Categories: Tugas Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: