Home > Tugas > ETIKA KOMPUTER : SEJARAH DAN PERKEMBANGANNYA

ETIKA KOMPUTER : SEJARAH DAN PERKEMBANGANNYA

September 17, 2009 Leave a comment Go to comments

Perkembangan teknologi mengalami perkembang pesat ketika komputer pertama kali dibuat. Kemampuan berpikir manusia yang dinamis dan kebutuhan hidup memicu kita untuk berkembang dalam memecahkan suatu masalah. Agar perkembangnya sejalur dengan hukum disetiap Negara diperlukan suatu landasan dasar yang kuat agar tidak menyimpang dari ketentuan yang berlaku. Inilah awal mulanya kemunculan dari Etika Komputer.
Awal sejarah Etika Komputer bermula dari munculnya istilah Teknologi Informasi (TI) yang dikemukakan oleh seorang professor ketika melakukan riset cybernetics atau the science of information feedback system di bidang etika & teknologi. Pada tahun 1940-an, professor Wiener meramalkan akan terjadi revolusi sosial dan konsekuensi etis dari perkembangan Teknologi Informasi tersebut. Dalam buku yang ditulisnya Control and Communication in the Animal and the Machine beliau menyimpulkan bahwa “mesin komputasi yang merupakan suatu system syaraf sekaligus piranti kendali otomatis dapat membawa manusia dihadapkan pada pengaruh sosial tentang arti penting teknologi tersebut yang ternyata mampu memberikan kebaikan sekaligus malapetaka.”

Riset yang dilakukan Prof. Wiener ternyata membawa inspirasi kepada banyak orang. Di tahun 1970-an, Donn Parker ditunjuk untuk memimpin pengembangan Kode Etik Profesional yang pertama kali dilakukan untuk Association for Computing Machinery (ACM). Parker juga dikenal menjadi pelopor kode etik profesi bagi profesional di bidang komputer. Di era 1970-an, Walter Maner menulis buku Starter Kit in Computer Ethics yang sudah mulaiapa menggunakan istilah “computer ethics”. Maner menawarkan suatu kursus yang berisi material klurikulum dan pedagogi untuk para pengajar universitas dalam pengembangan pendidikan Etika Komputer. Sepanjang tahun 1990-an, mulai banyak artikel, riset, konferensi bahkan materi untuk pengajaran di universitas yang membahas mengenai Etika Komputer.
Pada tahun 1970-an, istilah Etika Komputer telah diresmikan sebagai suatu aturan dasar dalam penggunaan komputer. Walter Maner berpendapat bahwa permasalahan etis sebelumnya sudah ada sejak lama, kemudian diperburuk oleh munculnya komputer yang menimbulkan permasalahan baru sebagai akibat penerapan dari teknologi informasi. Sementara Deborah Johnson dalam bukunya Computer Ethics, mendeskripsikan secara positif ternyata bidang ini merupakan satu studi tentang cara yang ditempuh oleh manusia untuk memiliki standar moral dan etika baru dalam memanfaatkan teknologi komputer. James Morr mendefinisikan pandangan yang berbeda tentang etika komputer mengartikan etika komputer sebagai bidang ilmu yang tidak terikat secara khusus dengan teori ahli filsafat mana pun dan kompatibel dengan pendekatan metodologis yang luas pada pemecahan masalah etis.

Hitam putih! Istilah ini sepertinya berlaku di semua aspek-aspek kehidupan manusia. Seperti halnya pemanfaatan komputer. Di sisi lain sangat menguntungkan dalam kebutuhan manusia, tetapi di sisi lain ada juga tindak kejahatan dengan memanfaatkan kebebasan berakses tetapi dengan sistem keamanan yang minim dari teknologi komputer tersebut. Fenomena ini cepat atau lambat pasti akan muncul. Misalnya dengan adanya internet, kita akan semakin mudah mengakses data dari mana saja dan suatu saat kita bisa saja menjadi seorang manusia yang plagiatisme sejati, pelanggar Hak kekayaan Intelektual dan memiliki rasa tidak bertanggungjawab hanya karena menginginkan suatu kemudahan.


Written : Joshua Allen
Sumber : http://onewan-one.blogspot.com/2008_03_01_archive.html#642020440395635760

Categories: Tugas Tags:
  1. October 24, 2009 at 12:40 am

    wah ternyata ada kode etiknya juga yah

  2. November 19, 2009 at 9:14 pm

    mas tukeran link yuk??
    tar pasang link ane di blog ente…
    trus konfirmasi ke ane.
    tar ane pasang linknya punya ente di blog ane gmn???
    terima kasih

    • Allen
      November 21, 2009 at 4:51 am

      Boleh deh, tp pny gw jarang di update boz…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: