Home > Tugas > PEKERJAAN, PROFESI DAN PROFESSIONAL

PEKERJAAN, PROFESI DAN PROFESSIONAL

Semua makhluk hidup di dunia ini tidak lepas dari apa yang namanya kebutuhan. Tidak terkecuali manusia. Kebutuhan menusia meliputi kebutuhan primer (pokok) dan kebutuhan  sekunder (tambahan). Kebutuhan primer meliputi kebutuhan sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (rumah). Semua kebutuhan pokok tersebut wajib dipenuhi oleh manusia jika ingin bertahan hidup. Nah, untuk memenuhi kebutuhan yang beragam tersebut setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Walaupun begitu, semua itu tidak lepas dari yang namanya bekerja. Jadi, bekerja itu juga bisa dikatakan kebutuhan agar semua kebutuhan-kebutuhan yang lainnya dapat tertutupi. Pada kodratnya semua makhluk itu perlu bekerja. Hanya saja manusia harus mencari pekerjaan agar dapat bekerja.

Profesi merupakan suatu pekerjaan, tetapi pekerjaan tidak harus profesi. Profesi adalah suatu pekerjaan yang membutuhkan skill khusus dari individu tersebut, sedangkan pekerjaan bersifat abstrak yakni suatu aktifitas untuk menyelesaikan suatu tugas agar mendapatkan sesuatu yang biasanya berupa materi. Contoh profesi itu seperti atlet, pengrajin, pelukis, penyanyi, maling, eh..salah deeng, pokoknya banyak.

Seorang profesional adalah seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya. Orang tersebut juga merupakan anggota suatu organisasi, akan tetapi seringkali seseorang yang merupakan ahli dalam suatu bidang juga disebut “profesional” dalam bidangnya walaupun bukan merupakan anggota sebuah organisasi yang didirikan dengan sah. Seseorang yang memiliki suatu profesi tertentu, disebut profesional. Walaupun begitu, istilah profesional juga digunakan untuk suatu aktivitas yang menerima bayaran, sebagai lawan kata dari amatir.

Written by : Allen Jr.

Sumber: nuritaputranti.wordpress.com

xcindo.wordpress.com

wikipedia.com

Categories: Tugas Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: