Home > Tugas > PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

Banyak orang yang bertanya-tanya apakah pekerjaan di bidang IT adalah suatu profesi atau bukan? Sebelum kita bahas lebih lanjut apa saja perlu diketahui gambaran secara umum pekerjaan di bidang Teknologi Informasi.

Pada dasarnya pekerjaan di bidang IT digolongkan menjadi beberapa kelompok. Yang pertama ialah orang yang bekerja menjadi pakar software. Biasanya golongan ini bergelut dalam sistem analisis, programmer, web builder dan banyak lagi yang berhubungan dengan perangkat lunak. Kedua adalah kelompok yang bekerja pada sistem hardware. Golongan seperti inilah yang biasa disebut teknisi dan biasa juga kita lihat sedang memperbaiki, merawat atau pun berurusan dengan troubleshooting atau pun arsitektur komputer. Dan yang terakhir adalah kelompok yang bergelut dengan sistem operasional. Contohnya seperti EDP Operator, atau administrator sistem yang bekerja dalam segala bentuk pengaksesan sistem, dll. Mudahnya bisa kita lihat jika di warnet ada seorang yang bertugas dalam menjaga networkingnya, itu juga termasuk dalam golongan ketiga ini.

Jadi bisa dikatakan pekerjaan di bidang TI adalah sebagai profesi. Mengapa demikian? Karena dalam bekerja di bidang TI ini, seseorang membutuhkan suatu keahlian atau kemampuan yang sudah teruji dan berkualitas sehingga orang tersebut dapat bertanggungjawab dengan baik terhadap pekerjaannya. Akan tetapi ada juga orang yang bekerja di bidang TI (setidaknya berhubungan dengan komputer) tetapi tidak temasuk kategori profesi. Misalnya, staff operator komputer yang hanya mengoperasikan dan membantu seorang operator, itu tidak termasuk dalam golongan profesi. Karena pekerjaan tersebut tidak membutuhkan suatu latar belakang keahlian khusus.

Perkembangan teknologi informasi terbilang cukup pesat. Apalagi dengan adanya beberapa kelompok seperti yang dibahas diatas menjadikan banyak perusahaan-perusahaan baik itu negeri maupun swasta membuat klasifikasi kompetensi dalam mengorganisir profesional-profesional TI di perusahaan mereka agar sesuai kemampuan mereka masing-masing. Akan tetapi, karena setiap perusahaan memiliki persepsi yang berbeda-beda maka pemerintah memberikan suatu standard kompetensi agar dapat dipakai di setiap perusahaan dan diketahui secara regional. Standard klasifikasi milik pemerintah ini mengadopsi sistem pangkat, dimana setiap pangkatnya mempunyai beberapa tingkatan lagi yang memiliki tugas dan peranan yang berbeda pula. Klasifikasi dari pemerintah ini mengacu pada model SRIG-PS SEARCC.

SRIG-PS dibentuk untuk membuat suatu Kode Etik profesional, klasifikasi pekerjaan, serta metoda sertifikasi di bidang TI. Model klasifiksi SRIG-PS SEARCC ini terdiri dari Pendidikan dan Pelatihan yang bertujuan melatih SDM menjadi ahli TI non-gelar. Lalu System Development yang diantaranya adalah programmer, project manager dan system analyst. Kemudian yang lain adalah Specialist Support. Model pembagian klasifikasi ini disusun berdasarkan pertimbangan kemampuan serta tingkatan dan jenis pekerjaan yang dibutuhkan bagi professional TI.

Wrriten by : Allen Jr.
sumber : http://nakula.rvs.uni-bielefeld.de/~made/SRIG-PS/st_page3.html
http://dosen.stiki.ac.id/arifin/Etika%20komputer/pdf/PROFESI%20DI%20BIDANG%20TEKNOLOGI%20INFORMASIx.pdf

Categories: Tugas
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: