Home > Tugas > MENINGKATKAN PROFESIONALISME DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

MENINGKATKAN PROFESIONALISME DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi Informatika sebagai salah satu bidang yang paling cepat berkembang menuntut para profesionalnya untuk ikut bergerak dinamis sesuai dengan perkembangan jaman baik itu perkembangan revolusi dari hardware dan evolusi dari software. Karena hal tersebut dibutuhkan suatu persiapan agar meningkatkan SDM di bidang TI, tidak hanya dari sudut kuantitas tetapi juga kualitas yang mumpuni dan mampu bersaing.

Agar dapat meningkatkan profesionalisme di bidang TI dibutuhkan dasar konsep dan ilmu pengetahuan yang kuat tentang bidang TI tersebut sesuai perkembangan dan kebutuhan jaman. Tidak hanya itu, diperlukan juga suatu persiapan jangka panjang agar terbentuk seorang profesional yang memiliki visi yang luas dalam menghadapi perubahan era TI. Tidak hanya pengetahuan yang perlu ditingkatkan, tetapi juga harus mengemkembangkan mental dan emosional diri yang berguna dalam mengukur ketekunan dan loyalitas kepada profesinya.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan pemerintah dalam pengembangan SDM tersebut bisa melalui kerjasama dengan Vendor Certification yang mempunyai standar sertifikasi berdasarkan kompetensi nasional di bidang TI. Dengan adanya sertifikasi kompetensi akan lebih mudah menyiapkan SDM TI yang dapat bersaing secara global.

Untuk menjadi profesional yang memiliki standard sertifikasi dapat ditempuh lewat dua cara, yaitu melalui sertifikasi berorientasi produk dan sertifikasi berorientasi profesi. Maksud dari orientasi produk misalnya melewati pendidikan yang disediakan vendor-vendor seperti Microsoft, CISCO, Red Hat, Oracle, dll. Sedangkan berorientasi profesi yaitu suatu sertifikasi yang diberikan hanya berdasarkan profesi tertentu seperti Network Support and Administration, Home Technology Installation, dsb. Akan tetapi dalam menempuh pendidikan bersertifikasi ini tidaklah mudah. Biasanya kendala umum yang paling sering terjadi adalah masalah dananya yang sangat mahal. Lalu masih adanya keragaman dari standard sertifikasi tersebut. Di beberapa negara ada yang mengeluarkan standard sertifikasinya sendiri melalui inisiatif pemerintahannya, akan tetapi yang paling banyak diakui dan dipakai adalah sertifikasi dari industri (vendor). Sehingga timbul ketidaksesuaian jika seorang profesional memiliki sertifikat dari vendor tetapi ingin bekerja di perusahaan negeri.

Written by : Allen Jr.

sumber : http://cybercatzone.wordpress.com/2008/04/06/meningkatkan-profesionalisme-di-bidang-it/

http://www.lsp-telematika.com/index.php?menu=1&nav=45&&type=media&&event=1

Categories: Tugas Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: