Home > Tugas > PERANGKAT LUNAK BEBAS DAN LISENSI

PERANGKAT LUNAK BEBAS DAN LISENSI

Di Indonesia, Perangkat Lunak termasuk ke dalam kategori Hak Cipta (Copyright). Beberapa negara, mengizinkan pematenan perangkat lunak dan memiliki portofolio paten yang berjumlah ratusan, bahkan ribuan. Banyak pihak tidak setuju terhadap paten perangkat lunak karena sangat merugikan industri perangkat lunak kecil. Jika sebuah perusahaan ingin patennya berlaku di negara lain, maka perusahaan tersebut harus mendaftarkan patennya di negara lain tersebut.
Perangkat Lunak Bebas adalah kebebasan suatu perangkat lunak untuk digunakan bukan dalam artian bebas harga atau gratis. Perangkat Lunak Bebas mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk, menggandakan, menyebarluaskan, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak. Walau pun demikian, aturan tertentu mengenai tata cara pendistribusian perangkat lunak bebas dapat diterima, selama tidak bertentangan dengan hakikat inti dari kebebasan itu sendiri.
GNU General Public License (GPL) merupakan sebuah kumpulan ketentuan pendistribusian untuk meng-copyleft-kan sebuah program. Proyek GNU menggunakannya sebagai perjanjian distribusi untuk sebagian besar perangkat lunak GNU. Sebagai contoh adalah lisensi GPL yang umum digunakan pada perangkat lunak Open Source. GPL memberikan hak kepada orang lain untuk menggunakan sebuah ciptaan asalkan modifikasi atau produk derivasi dari ciptaan tersebut memiliki lisensi yang sama.

Written by : Allen Jr.

Sumber : http://www.gnu.org/philosophy/free-sw.id.html
http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi-4.X-1/ch02s04.html

Categories: Tugas Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: