Home > Football > “Jabulani” Bola Resmi Piala Dunia 2010

“Jabulani” Bola Resmi Piala Dunia 2010

Semarak Piala Dunia 2010 semakin bergemuruh seiring semakin dekatnya waktu penyelanggaraan moment terbesar tahun ini. Bagi para penggemar sepak bola atau Gila Bola (Gibol) sepertinya diwajibkan untuk mengetahui seluk beluk Piala Dunia nanti. Tak dipungkiri lagi jenis bola apa yang digunakan menjadi salah satu tanda tanya bagi bola mania.

Adidas sebagai salah satu perusahaan terbesar di bidang olahraga kembali dipercaya untuk meluncurkan bola yang akan dipakai di Piala Dunia 2010. Adalah Jabulani produk bola terbaru adidas yang akan menjadi satu-satunya bola resmi yang dipakai di PD 2010 juni nanti. Jabulani sudah dirilis pada 4 desember tahun lalu. Uniknya pada bola ini memiliki beberapa arti khusus yang sengaja di design pada corak dan modelnya. Dari Istilah nama Jabulani berarti “perayaan”, dengan corak dominan putih dan 3 lingkaran yang memiliki 11 warna mulai dari merah, kuning, hijau, dan lainnya. 11 adalah angka yang dipilih untuk melambangkan 11 pemain dalam satu tim yang bertanding di lapangan dan 11 suku-suku Afrika Selatan yang membuat negara tersebut beraneka ragam. “Seperti Zakumi (nama maskot Piala Dunia 2010), bola di Piala Dunia 2010 tetap harus menghadirkan nuansa Afrika Selatan,” kata Sepp Blatter, presiden FIFA, sebagaimana dilansir di situs resmi organisasi.

Dengan menerapkan teknologi ‘Grip and Groove’ membuat bola lebih stabil di udara, akurat, dan mudah dikontrol di berbagai kondisi lapangan. Hal ini membuat Jabulani diklaim sebagai bola yang terbulat yang pernah dibuat. Sikap positif pun tak luput dari para pemain sepak bola eropa, seperti Petr Cech yang mengatakan “Saya benar-benar merasakan kekuatan yang datang kepada anda” ketika tes uji coba lapangan. Begitu pun Kaka tak kalah memuji, “Bagi pemain seperti saya, sentuhan kaki terhadap bola sangat penting. Dan, bola itu memang istimewa”.

Written by : Allen Jr.

Sumber : goal.com

Categories: Football Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: