Home > Tugas > Hubungan Kerja

Hubungan Kerja

Hubungan kerja merupakan suatu hubungan antara buruh dan pengusaha yang diadakan berdasarkan perjanjian yang dibuat oleh kedua pihak. Didalam hubungan kerja harus ada pekerja tertentu yang bekerja sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat. Agar hubungan kerja berjalan seimbang, di salah satu pihak memiliki hak dan kewajiban yang sama. Pengusaha memberikan perintah kepada buruh/pekerja karena berhak memberikan tanggungjawab kepada pekerjanya dan sebaliknya pekerja berkewajiban mematuhi perintah tersebut. Dibalik itu, pengusaha berkewajiban memberikan upah atas dan pekerja berhak atas upah atas pekerjaan yang dilakukannya itu.

Dalam dunia hubungan kerja, terdapat jenis atau bentuk-bentuk hubungan kerja berdasarkan penetapan jangka waktu kerja. Antara lain bentuk-bentuk hubungan kerja itu adalah perjanjian kerja waktu tidak tertentu (tetap) dimana dalam perjanjian ini kedua pihak tidak membatasi waktu kesepakatannya dan berlaku selama kedua belah pihak masih meneruskan perjanjiannya dan mengakhirinya juga dengan kesepakatan kedua belah pihak. Kemudian selanjutnya adalah perjanjian kerja tertentu (kontrak) yang biasanya dalam isi perjanjiannya kedua pihak mencantumkan jangka waktu berlaku perjanjian tersebut.

Selain bentuk-bentuk hubungan kerja diatas, terdapat lagi perjanjian pemborongan pekerjaan, yang berarti suatu perusahaan dapat menyerahkan sebagian pelaksaan pekerjaan kepada perusahaan lainnya melalui perjanjian pemborongan pekerjaan yang dibuat secara tertulis. Bentuk perjanjian lain adalah magang, yang sebenarnya adalah suatu pelatihan kerja yang dilaksanakan atas perjanjian antara peserta dan perusahaan.

Di dalam dunia kerja, terdapat peraturan perusahaan diman para pekerja tersebut bekerja. Peraturan ini dibuat secara tertulis dan sepihak oleh perusahaan guna mencantumkan ketentuan-ketentuan tentang syarat kerja serta tata tertib yang berlaku dalam perusahaan tersebut. Setiap perusahaan yang memiliki jumlah pekerja diatas dua puluh lima orang berkewajiabn membuat peraturan perusahaan sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 2 tahun 1978.

Sumber : http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/hub.industrial_pancasila/bab5-hubungan_kerja.pdf

http://www.slideshare.net/guest200b003b/hubungan-kerja-syarat-syarat-dan-kondisi-presentation

Categories: Tugas Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: